The Library Catalog

OPAC (Online Public Access Catalog)

E-Books

Buku Elektronik

E-Journal

Jurnal Elektronik

Repository

Repository

Sinopsis

Sinopsis Buku

+++ Selamat Datang di Website Dinas Perpustakaan Kota Tebing Tinggi

Sebelum nama Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Tebing Tinggi awalnya adalah Kantor Perpustakaan Umum. Kantor ini telah ada pada tahun 1978 yang dibentuk atas gagasan putra putri Tebing Tinggi yang berada di Pulau Jawa dengan membangun gedung yang disebut dengan nama Gedung Perpustakaan Gelora Pemuda yang terletak di Jalan T. Imam Bonjol Tebing Tinggi. Gedung Perpustakaan Gelora Pemuda diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Yoesoef pada tanggal 19 April 1982 dihadiri Walikotamadya Tebing Tinggi Drs. Amiruddin Lubis.

Sejak tahun 1985 sampai dengan 2000 Perpustakaan tersebut tidak beroperasi. Kemudian Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Abdul Hafiz Hasibuan pada saat itu menugaskan Kepala sub bagian Perpustakaan pada Bagian Informasi dan Komunikasi Sekretariat Pemerintah Kota Tebing Tinggi H. Rachmad Suprapto, SH untuk mengoperasikan kembali Perpustakaan Umum Gelora Pemuda pada tanggal 23 Maret 2001.

Selanjutnya Walikota Tebing Tinggi kembali menugaskan Kasubbag Perpustakaan untuk membentuk Struktur Organisasi Kantor Perpustakaan Umum Kota Tebing Tinggi yang kemudian diperdakan pada Peraturan Daerah No. 01 Tahun 2002 tanggal 30 Desember 2002. Kemudian pada tanggal 01 Juli 2003 ketepatan pada peringatan HUT Kota Tebing Tinggi, maka Kantor Perpustakaan Umum yang terletak di jalan Sutomo No. 40 ini diresmikan oleh Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Abdul Hafiz Hasibuan.

Selanjutnya berdasarkan Perda Nomor 14 tahun 2008 tanggal 14 Nopember 2008, Kantor Perpustakaan Umum Kota Tebing Tinggi diubah nama menjadi Kantor Perpustakaan, Arsip dan dokumentasi Kota Tebing Tinggi.
Seiring dengan visi dan misi Walikota Tebing Tinggi dan tujuan dari Perpustakaan yang ingin memajukan masyarakat Tebing Tinggi melalui membaca, maka dikembangkanlah Rumah Baca, Perpustakaan Kelurahan, Taman Bacaan Masyarakat, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Rumah Ibadah, Perpustakaan Sekolah dan Layanan Perpustakaan Keliling.

Sampai dengan saat ini kepemimpinan pada Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Tebing Tinggi telah beberapa kali mengalami pergantian kepala yakni : sejak didirikan pada tahun 2002 sampai dengan Juni 2009 dipimpin oleh Alm. H. Rachmad Suprapto, SH, sehubungan beliau meninggal dunia maka dipimpin oleh Ibu Redawaty Nasution sebagai Pelaksana Kepala Kantor pada bulan Juli 2009 s/d Januari 2010, kemudian pada bulan Januari 2010 dilantik Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Tebing Tinggi yakni Bapak Zahidin, SPd, MPd yang kepemimpinannya s/d bulan Februari 2011 akan tetapi kepemimpinan Bapak Zahidin berlangsung sekitar satu tahun saja yang kemudian digantikan oleh Ibu Hj. Nina Zahara MZ, SH, M.AP yang dimulai sejak bulan Maret 2011 s/d saat ini.

Saat ini Perpustakaan di Kota Tebing Tinggi semakin berkembang pesat berkat dukungan dari Bapak Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Junaidi Hasibuan, MM yang mengeluarkan Surat Edaran bahwa disetiap instansi wajib memiliki Perpustakaan Mini yang tujuannya untuk membudayakan gemar membaca juga pemanfaatan waktu luang. Pada tahun 2013 ini Walikota Tebing Tinggi mencanangkan Hari Buku tepatnya pada Peringatan Hari Jadi Kota Tebing Tinggi tanggal 1 Juli 2013.